SUMEDANGKAB.GO.ID,  CIMALAKA - Untuk memahami pentingnya penyelamatan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dalam penurunan stunting di Kabupaten Sumedang, Dinas Kesehatan bersama lintas sektor penurunan stunting Kabupaten Sumedang menggelar Orientasi Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).
Ketua TP. PKK Sumedang Susi Gantini yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa orientasi KIA tersebut merupakan rangka dalam percepatan perbaikan gizi dalam penanggulangan stunting dan memperkuat serta menggerakan seluruh pihak yang terlibat penguatan intervensi stunting tahun 2020 di Kabupaten Sumedang, salah satunya PKK yang turut andil di masyarakat.
"Buku KIA merupakan catatan kesehatan Ibu dan Anak, juga memuat berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan Ibu dan Anak, PKK dan setiap kader memiliki peranan penting dalam mensosialisasikan informasi kesehatan ibu dan anak terutama 1000 hari pertama kehidupan," kata Susi, Kamis (1/10/2020).
Sejalan dengan intervensi baik spesifik maupun sensitif yang diarahkan pada sasaran 1000 HPK ( Ibu Hamil, Bayi, Balita, dan Remaja Puteri) maka orientasi buku KIA bagi lintas sektor menjadi salah satu upaya untuk memperkuat dan menggerakan seluruh pihak yang terlibat untuk semakin memahami pentingnya penyelamatan 1000 HPK dalam penurunan stunting. 
"Kami PKK Sumedang akan turut andil dalam gerakan penyelamatan 1000 HPK dalam program penurunan stuntinh di Sumedang, dengan orientasi dengan dinas terkait diharap angkat stunting di Sumedang semakin menurut dan tidak ada penambahan angka," tambah Susi.***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)