Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DINKES - Angka stunting di Kabupaten Sumedang terus mengalami penurunan. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Uyu Wahyudin mengatakan, pihaknya mencatat pada tahun 2018, angka stunting di Sumedang mencapai 32,2 persen. "Berdasarkan hasil riset kesehatan daerah tingkat nasional tahun 2018, angka stunting di Sumedang mencapai 32,2 persen, jujur ini sangat menyakitkan. Berarti kalau ada sekitar 70-80 ribu balita, 32 persennya itu sekitar 40 ribu yang stunting," ujar Uyu.

Kendati demikian dengan langkah kolaborasi intervensi penanggulangan stunting dengan pihak swasta, dari tahun ke tahun sampai tahun ini angka stunting terus menurun. "Berkat kerja keras dan kolaborasi dengan berbagai pihak, angka stunting di Sumedang terus menurun, dan tahun 2022 ini sudah satu digit, 9,12 persen. Ini juga merupakan hasil dari intervensi spesifik Dinkes 30 persen dan intervensi sensitif bersama semua pihak 70 persen," katanya.

Bahkan, Uyu menyebut bahwa penurunan angka stunting di Sumedang sejak tahun 2018 sampai tahun ini merupakan angka penurunan yang tergolong tinggi secara nasional. "Tentunya secara kuantitas ini merupakan hasil yang menggembirakan," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)