SITURAJA - Perajin kayu mengaku permintaan properti untuk kebutuhan kafe, kedai atau warung meningkat. Salah seorang pelaku usaha di bidang perkayuan atau mebeler, Saepulrohman asal Dusun Cijati, Desa Cijati, Kecamatan Situraja mengatakan, properti yang banyak dipesan diantaranya, meja, bangku cafe dll. "Baru-baru ini permintaan meja kayu untuk kebutuhan cafe atau kedai agak lumayan banyak," ujar Saepulrohman, Senin (2/11/2020).

Ia menyebutkan, meja dan bangku untuk cafe dibuat dari bahan kayu rawa, jati dan mahoni. Satu unit meja lengkap dengan empat kursi dijual dengan kisaran harga antara Rp.1,5 juta hingga Rp 2,5 juta. "Tapi kami juga menerima pesanan yang disesuaikan dengan desain atau harga dari konsumen," katanya.

Untuk memenuhi adanya peningkatan pesanan meubeuler, Saepulrohman pun menambah tenaga kerja. Sehingga bertambahnya pesanan bisa mendongkrak tenaga kerja. Ia mengakui, sebelumnya, usaha meubeuler sempat merosot terkena dampak pandemi.  Namun setelah memasuki bulan Oktober 2020 pesanan akan meubeuler mulai ada dan mengalami peningkatan pada akhir Oktober. "Mudah-mudahan kondisi akan bertahan dan kedepan prospek meubeuler akan semakin meningkat," katanya.

Ia menambahkan, meubeuler yang di produksinya antara lain, lemari, meja makan, kursi, tempat tidur dan lain-lain. "Untuk bahan baku kami juga hanya mengandalkan kayu - kayu dari wilayah Situraja dan Darmaraja," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)