SUMEDANGKAB.GO.ID, DPKPP - Kepala Bidang Tata Bangunan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Sumedang, Budi Santosa mengatakan, perbaikan Geo Teater tersebut akan dilaksanakan pada tahun ini. Untuk saat ini masih dalam tahap kajian oleh kementerian, jadi belum bisa diperbaiki karena belum tuntasnya hasil kajian
"Perbaikan Geo Theater itu tidak akan membutuhkan waktu yang lama, karena kerusakannya sekitar 40 persen, itupun hanya bagian atapnya saja," kata Budi, Kamis (4/3/2021).
Diungkapkan, perbaikan Geo Theater itu membutuhkan biaya Rp 1 miliar. Anggaran tersebut sudah disiapkan dengan menggunakan APBD Kabupaten Sumedang.
"Sudah dianggarkan tahun ini Rp 1 miliar, itu untuk perbaikan dan pemeliharaan," ujarnya.
Sementara jika anggaran tersebut masih cukup, kata Budi, kemungkinan biaya sebesar itu akan digunakan untuk menambah fasilitas lain yang hingga saat ini belum dibangun.
Budi mengatakan, Geo Theater yang dibangun pada tahun 2019 lalu ini menghabiskan anggaran sebanyak Rp 3,9 miliar yang bersumber dari dana bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa barat.
"Sekarang dianggarkan lagi untuk perbaikannya dari APBD Sumedang," kata Budi.
Namun, kata Budi, meskipun saat ini sudah ada pagu anggarannya, pihaknya belum bisa melakukan eksekusi perbaikan karena masih menunggu hasil kajian dan rekomendasi dari pihak yang berkompeten yaitu dari Kementerian PUPR.
Menurutnya, Gedung Geo Theater ini memang sudah seharusnya diperbaiki karena pembangunannya harus berguna dan bisa dugunakan kembali oleh seniman.
"Kami ingin, bangunan ini bisa menjadi aset yang bisa dipergunakan oleh masyarakat umum dan seniman," katanya.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)