Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

CONGGEANG - Perbaikan Jalan Legok-Conggeang nyaris rampung. Kondisi jalan dari pertigaan Legok hingga Tugu Opak Conggeang kini mulus. Pengerjaan jalan kini hanya menyisakan beberapa meter saja, yakni di Cilalaren Desa Paseh Kidul, dan pintu tol Paseh gapura Desa Cipamekar.

Atas kondisi tersebut, warga yang sehari-harinya melintasi jalan Legok-Conggeang mengaku sangat senang. "Alhamdulilah kondisi jalan Legok-Conggeang sekarang sudah sangat baik, tinggal sedikit lagi yang masih dikerjakan," kata Usep Adiwihanda (31), warga Desa Cibeureuyeuh, Kecamatan Conggeang, Kamis (23/11/2023).

Kondisi jalan yang baik kata Usep, memperlancar aktivitas warga. Sebelumnya karena jalan rusak dan berdebu, ia memilih jalan Cidempet-Hamawang-Babakankondang.
"Dulu kalau hujan jalan becek dan licin, kalau kemarau berdebu. Jadi kalau ke kota milih ke Cidempet Babakankondang, biarpun lebih jauh," ucapnya.

Jalan Legok-Conggeang-Buahdua rusak karena dipakai mobilitas angkutan material Tol Cisumdawu. Pemda Sumedang pun meminta pihak tol memperbaiki jalan yang rusak jika pengerjaan tol sudah selesai. Sebagian jalan dihotmix, sebagian lagi dibeton. Sebelumnya Buahdua-Conggeang juga sudah mulus dihotmix. Selain badan jalan, saluran drainase juga diperbaiki. "Sekarang perjalanan lebih cepat, tidak berdebu lagi," kata Bimo, warga lainnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)