SETDA - Peresmian Alun-alun Sumedang akan dilakukan Minggu (15/3/2020) dan menjadi rangkaian pertama peringatan Hari Jadi ke-442 Sumedang. Hal tersebut dikatakan Ketua Harian Peringatan Hari Jadi Sumedang ke 442 H Agus Wahidin saat memimpin rapat persiapan HJS ke 442 di ruang Cakrabuana Selasa ( 10/3/2020).

Peresmian akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selain peresmian Alun-alun, juga akan dilaksanakan launching kalender pariwisata Kabupaten Sumedang tahun 2020 serta ada juga kegiatan kaulinan barudak.  "Kenapa ada acara kaulinan barudak, karena di pojok Alun-alun ada sarana dan prasarana untuk permainan kaulinan barudak dan itu bisa dicoba," terang H Agus Wahidiin.

Peringatan HJS ke 442 ini sebenarnya hanya ada enam kegiatan yang resmi yaitu ziarah ke makam pahlawan dan leluhur Sumedang, Sidang DPRD, Kirap Panji Kerajaan Sumedang Larang, peringatan acara puncak HJS 22 April, Malam resepsi dan kegiatan pendukung lainnya.  "Dari enam kegiatan pokok ini, biasanya yang ramai adalah kegiatan pendukungnya, dan untuk kegiatan pendukung ini kami masih akan menampung aspirasi dan masukan," tambahnya.

Sementara itu berbicara masalah tema untuk HJS ke 442 ini lanjut Agus adalah " Penguatan SPBS Menuju Sumedang Simpati".  Lebih lanjut dikatakan Agus khusus untuk tanggal 6, 7, 8 dan 9 April tidak ada aktifitas kegiatan rangkaian HJS.  "Hari-hari tersebut kami kosongkan, karena  berkaitan dengan akan dilaksanakan pilkades serentak yang melibatkan 88 desa pada tanggal 8 April, " katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)