JATINUNGGGAL - Bencana pergerakan tanah di Dusun Cipari, Desa Sarimekar, Kecamatan Jatinunggal berdampak pada kerusakan areal pesawahan, kebun dan lahan darat.

Menurut Darman, warga Dusun Cipari menyebutkan pergerakan tanah terjadi dari Kampung Sinapeul hinggga Blok Sindanglaya.  Kata Darman, luas areal yang terancam akibat pergerakan tanah tersebut mencapai luasan 3 hektare.  "Dampak dari bencana ini, sawah kami dipastikan gagal panen. Padahal padi baru tumbuh sekitar dua minggu," kata Darman, Rabu (27/5/2020).

Darman juga menyebutkan, warga sedikit cemas karena pergerakan tanah terus terjadi perlahan. Kondisi ini membuat warga harus waspada.  "Selain pesawahan dan kebun memang pergerakan tanah jiga bisa mengancam 5 rumah milik warga," katanya.

Namun demikian, kata Darman warga tetap waspada meningkatkan pengawasan ke areal-areal terdampak pergerakan tanah dan longsor.  "Semua unsur dari mulai kecamatan, Kapolsek dan BPBD pun memang sudah meninjau ke lokasi. Mudah-mudahan bencana tidak terjadi lagi," katanya.(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)