Penulis : Deddi Rustandi | Editor : Deddi Rustandi

ALKAMIL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung di Masjid Al-Kamil Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Selasa, (25/10/2022). Peringatan Maulid Nabi diisi dengan pembacaaan shalawat dan ayat suci Al-Quran, Syarhil Quran, pembacaan puisi, penyerahan santunan kepada 40 anak yatim dan tausiyah oleh Abuya KH Muhyidin Abdul Qadir Al-Manafi.

Bupati H. Dony Ahmad Munir menyampaikan,  momentum peringatan Maulid Nabi ini bertujuan untuk memuliakan dan meningkatkan kecintaan kepada rasulullah. Peringatan maulid ini,  diharapkan tidak hanya sekedar seremonial semata tetapi juga bisa berdampak terhadap perubahan kehidupan keseharian kita ke arah yang lebih baik. "Setidaknya ada beberapa makna yang bisa diambil. Pertama, sebagai wahana untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dengan peringatan ini Iman kita akan terus disiram dan dipupuk sehingga Insya Allah bisa lebih kuat lagi," katanya.

Makna kedua dari peringatan ini adalah bertambah ilmu agama sebagai bekal kehidupan dunia dan akhirat. Dan yang ketiga meningkatkan rasa cinta atau mahabah kepada rasul. "Makna yang ketiga adalah meningkatkan rasa cinta kepada rasul dan mudah mudahan kita bisa meneladani akhlak dan perilaku Rasulullah," katanya.

Terakhir bupati mengajak kepada para jamaah yang hadir pada saat itu untuk menteladani akhlak Rasulullah SAW dari hal yang paling kecil mulai dari diri sendiri. "Indikator utama maulid ini berhasil apabila setelah acara ini selesai terjadi perubahan perilaku ke arah positif sesuai dengan akhlak Rasulullah SAW," katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Unsur Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK, Pimpinan BUMN/BUMD, para Kepala OPD, Kepala Bagian, Kabid, Kabag Kasubag, dan jajaran staf dilingkungan pemerintah Kabupaten Sumedang. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)