SUMEDANGKAB.GO.ID.,SURIAN - Pemerintah Desa Suriamukti Kecamatan Surian terus menggenjot hasil produksi pertanian di wilayahnya. Terutama, hasil padi yang dikenal dengan nama Padi Sindang.

"Padi Sindang ini cukup dikenal di wilayah Surian dan Subang. Padi Sindang mempunyai rasa berbeda dan sangat 'pulen'. Sehingga terkadang dicampur dengan jenis padi lainnya yang bear sebagai perekat," ujar Kepala Desa Suriamukti, Iwan Suprihatman, Senin (10/5/2020) 

Ia mengatakan, potensi sawah di wilayah Desa Suriamukti sekitar 75 hektar. Luasan sawah tersebut didukung dengan adanya mata air di setiap blok sawah.

"Jadi sawah di wilayah Desa Suriamukti bisa digarap sepanjang tahun. Bisa panen sebanyak tiga kali setiap tahunnya," ujarnya.

Meski demikian, menurutnya produk padi Sindang masih terkendala produksi yang sangat minim. Setiap musimnya, hanya menghasilkan 30 sampai dengan 40 ton padi. Oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan bantuan dari pemerintah, terutama Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang untuk membantu petani meningkatkan produksi padi sindang.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)