Penulis Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DISARPUS - Pascamenempati gedung baru di kawasan Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS) Perpustakaan Daerah (Pusda) terus melakukan penataan sehingga bisa lebih menarik banyak pengunjung. Salah satu program yang saat ini sedang dirintis Pusda Sumedang adalah menjadikan Pusda sebagai tempat wisata literasi.

Petugas layanan perputakaan Wawan Setiawan mengatakan kalau saat ini terus mempersiapkan fasilitas fasilitas yang ada di perpustakaan. "Untuk menuju ke arah sana kami saat ini terus menjalin kerjasama dengan pihak sekolah dari berbagai jenjang," jelas Wawan, Senin (10/4/2023).

Bahkan lsudah ada juga rombongan sekolah yang sengaja melakukan kunjungan di Pusda Sumedang. Lebih jauhnya dalam mewujudkan perpustakan sebagai tempat wisata literasi, pihaknya juga akan bekerjasama dengan pihak pengelola bus Tampomas. Nantinya bus Tampomas yang dinaiki anak anak akan masuk dulu ke Perpustakaan Daerah Sumedang untuk wisata literasi.

Salah satu fasilitas yang mesti dipersiapkan saat ini agar wisata literasi ni berjalan dengan baik adalah adanya mini teater yaitu untuk pemutaran film. "Tentunya kamipun berharap dengan wisata literasi ini keberadaan perpustakaan akan semakin dikenal dan banyak kunjungan yang pada gilirannya minat membaca juga akan meningkat," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)