Penulis : Endan D Kusnaedi | Editor: Vera Suciati

DPP - Datangnya hari imlek yang pada tahun ini jatuh pada Selasa (1/2/2022) biasanya disertai dengan permintaan akan ikan salmon yang meningkat, dimana ikan salmon ini akan menjadi hidangan istimewa bersama keluarga bagi yang merayakan imlek. Ikan salmon termasuk salah satu ikan yang harganya mahal, dan salah satu varian ikan salmon yang ada di Jawa Barat yang banyak diminati saat imlek adalah ikan kancra java salmon.

Mahalnya harga ikan salmon termasuk kancra diakui Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Rudi Hadian. Menurut Rudi, harga 1 kg ikan kancra bisa sampai Rp 1 juta, dan ikan kancra yang siap dikonsumsi biasanya memiliki ukuran 2 kg per ekor atau 1 ikan kancra dihargai Rp 2 juta. 

Rudipun mengakui kalau jelang imlek permintaan ikan kancra selalu meningkat, namun sayangnya hanya sedikit petani di Sumedang yang mengembangkan budidaya ikan kancra hingga siap dikomsumsi.

Ditambahkan Rudi jelang imlek ini paling Sumedang hanya bisa menyediakan sekitar 1 kwintal ikan kancra yang siap konsumsi

"Dibutuhkan waktu seitar 3 - 4 tahun proses budidaya ikan kancra sampai siap dikonsumsi, sehingga banyak petani yang enggan membudidayakannya, " kata Rudi, Jumat (28/1/2022). 

Sejauh ini, lanjut Rudi, karena proses pemeliharaan lama maka ikan kancra hanya dipelihara oleh komunitas atau penghobi saja. Sementara petani saat ini lebih cenderung memilih proses pembenihan saja yang relatif lebih singkat untuk mendapatkan keuntungan.

Lebih lanjut dikatakan Rudi, derah Cimalaka saat ini masih menjadi sentra pengembangan pembenihan ikan kancra karena daerahnya duanggap cocok.

Rudipun berharap karena peluang ikan kancra konsumsi sangat potensi, kedepan akan lebih banyak lagi petani yang mengembangkannya.

(penerbit: sumedangkab.go.id)