GEDUNG SATE - Lagi dan lagi, menutup tahun 2022 dengan prestasi, Kabupaten Sumedang melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten sumedang, untuk pertama kalinya mendapat Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP Award) di Jawa Barat Tahun 2022 dengan predikat tertinggi yaitu sebagai KABUPATEN INFORMATIF, di Aula Barat Gedung Sate, Bandung. Kamis, 8 Desember 2022.

KIP Award diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat yang sebelumnya sudah dilaksanakan monitoring dan evaluasi. Ada 3 tahapan penilaian yang telah dilalui oleh Kabupaten Sumedang yaitu uji kelengkapan dokumen, uji petik PPID utama dan pembantu, juga uji publik yang melibatkan unsur masyarakat untuk menilai pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Sumedang.

Penghargaan diterima langsung oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Budi Rahman,S.So.,M.Si. Beliau menyampaikan rasa syukurnya yang tak terhingga dan mempersembahkan penghargaan untuk masyarakat Kabupaten Sumedang.

“Alhamdulillah berkat kepemimpinan Pak Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M., Pak Wakil Bupati, Pak Sekda, dan Pemerintah Kabupaten Sumedang, pada hari ini Sumedang mendapatkan Anugerah pemerintah yang paling informatif. Ini merupakan bentuk atensi dan penghargaan dari Komisi Informasi Jawa Barat dan ini dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Sumedang” Ujarnya.

Beliau berharap semoga penghargaan ini menjadi motivasi, semangat bagi para pelayan publik untuk meningkatkan pelayanan di berbagai bidang, terutama di sektor yang mendasar, seperti kesehatan, pendidikan, dan pelayanan publik lainnya.

Sumedang sebagai Kabupten Informatif menyadari betul, bahwa setiap orang mempunyai hak untuk memperoleh informasi publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya yang ringan serta dengan cara yang mudah. Penghargaan ini merupakan awal dari sebuah semangat baru, untuk menjalankan tata kelola pemerintahan yang bersih, terbuka, dan transparan untuk menuju Sumedang Simpati 2023.

Sebelumnya, Diskominfosanditik juga sudah banyak menorehkan prestasi di tahun 2022 baik itu tingkat nasional maupun tingkat provinsi Jawa Barat. Adapun penghargaan yang telah diraih secara nasional seperti Kabupaten Terbaik Pengelolaan Pengaduan Masyarakat melalui LAPOR, Kabupaten Terbaik Sistem Pemerinthan Berbasis Elektronik (SPBE), Juara 1 Anugerah Media Humas Kategori Pengelolaan Media Sosial Sebagai Media Publikasi Pemda, Juara 2 Anugerah Media Humas Kategori Audio Visual.

Lalu penghargaan di Tingkat Provinsi Jawa Barat yaitu Terbaik ke 1 Tata Kelola Data (Satu Data Indonesia), Kabupten Informatif (Anugerah Keterbukaan Informasi), Pengelolaan Medsos Terbaik Desa (Desa Cinanjung dan Desa Sukatali), Kabupaten Teraktif dalam Pengelolaan Sumedang Saber Hoaks, Kabupaten Terbaik dalam Penerbitan Tanda Tangan Elektronik dan Kabupaten Terbaik dalam Komitmen Penyelenggaraan Keamanaan Informasi. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)