GEDUNG NEGARA - Bupati Dony Ahmad Munir menerima kunjungan audiensi bersama Hiswana migas DPC Bandung-Sumedang di Gedung Negara, Senin (24/8/2020).  Faris Aceriza dari Hiswanamigas mengatakan di Sumedang akan dibangun program pertamina yaitu petrashop yang merupakan SPBU mini portable.

SPBU Portable ini  akan dibangun di desa yang belum terjamah SPBU namun berpotensi menjadi daerah lalu lintas ekonomi yang strategis. "Petrashop yang merupakan program Pertamina dalam mendorong pertumbuhan desa di Sumedang. Ada dua petrashop di Desa Tarikolot, Kecamatan Jatinunggal dan Desa Cikoneng Kulon, Kecamatan Ganeas," ujarnya.

Petrashop akan dikelola langsung oleh BUMDes sebagai mata pencaharian yang dikelola secara mandiri oleh masyarakatnya. "Kami menawarkan apakah desa memiliki lahan atau tidak, pengelolaannya langsung oleh Bumdes penunjuk pelaksana itu diatur kembali oleh desa yang kami ajukan, dengan harapan dengan adanya petrashop ini menjadi usaha baru yang dapat dikelola oleh Bumdes," katanya.

Petrashop hanya akan menjual Pertamax 92 dengan harga yang sama dengan SPBU. "Di petrashop hanya menjual pertamax 92 karena takaran yang disediakan hanya satu," ujarnya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)