Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

MASJID AGUNG - Salat Iduladha digelar di Masjid Agung Sumedang dihadiri BupatiDony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Erwan Setiawan, Sekda Herman Suryatman beserta jajaran pejabat Pemkab Sumedang. Umat muslim  memadati bagian dalam masjid dan halaman Masjid Agung Sumedang untuk bersama sama melaksanakan salat Iduladha 1444 H pada Kamis pagi, (29/06/2023). Bertindak sebagai Imam Shalat Idul Adha 1444 Hijriyah tahun 2023 Ustadz. M. Mumtaz Nurfaqih dan Khotib KH. Atep Saepulloh.

Bupati Dony Ahmad Munir menyampaikan, ibadah qurban merupakan wasilah cara atau jalan untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT.  "Sikap pasrah dan ikhlas yang tertanam pada Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS untuk berkurban dan berbakti kepada Allah SWT patut menjadi teladan bagi kita semua," katanya. 

Ia menitipkan pesan kepada warga, hendaknya bisa mengambil hikmah dari pelaksanaan Idul Adha kali ini untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berbagi kepada sesama.  “Saya mengajak kepada semuanya bagaimana kita mengambil hikmah dari pelaksanaan qurban ini. Hikmah rela berkorban, berbagi dan peduli pada sesama serta menumbuhkan sikap empati kita sehingga kesalehan sosial akan semakin meningkat,"tuturnya.

Selain hal tersebut, kata bupati, hikmah Iduladha sebagai sarana pendidikan untuk menanamkan hati yang dermawan juga untuk melatih kesabaran seperti yang dilakukan Nabi Ismail untuk dipraktekan dalam kehidupan keseharian.  "Sejauhmana kita meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam kehidupan kita. Setidaknya kita bisa berbagi dan membahahiakan orang lain. Karena orang yang paling bahahia adalah orang yang mampu membahagiakan orang lain,"pungkasnya.

Setelah pelaksanaan shalat Iduladha, bpati bersama wakil bupati melaksanakan musafahah dilanjutkan dengan penyerahan hewan Qurban kepada Ketua DKM Masjid Agung Sumedang. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)