SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA -  Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman berpesan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 di tingkat desa untuk dapat memberikan informasi yang baik dan benar sehingga tidak meresahkan masyarakat. Salah satunya adalah terkait dengan melonjaknya kasus korona positif di Sumedang dalam beberapa hari ini.
Untuk itu, sekda mengharap setiap desa memiliki strategi komunikasi khusus agar statment pemerintah tidak menimbulkan keresahan berlebih di masyarakat. 
"Siapkan strategi komunikasi kepada masyarakat, narasi yang disampaikan bukan jumlah kenaikan kasus namun jumlah pelayanan yang sudah dilakukan pemerintah, jumlah hasil swab masif yang negatif atau yang sudah sembuh bagikan dengan narasi komunikasi yang baik, agar tidak terjadi stigma dimasyarakat,"  kata sekda, Rabu (19/8/2020).
Sekda juga menghimbau bentuk narasi yang disampaikan kepada masyarakat lebih mengarah terhadap edukasi dan hasil pencegahan agar membentuk sikap disiplin. "Narasinya diatur bukan hanya memberitahu jumlah yang positif, beritahu jumlah yang sembuh dan yang negatif dari jumlah swab yang telah dilakukan, agar ada kepercaya dirian masyarakat pandemi akan cepat berlalu jika penerapan protokol kesehatan dipatuhi," tambahnya.
Tidak hanya strategi komunikasi yang baik, setiap gugus tugas desa siaga dapat merincikan rencana aksi penegakan protokol dilingkungan desa. 
"Buat rencana aksi, mau membuat post pemantauan atau pantau secara keliling, yang jelas semua harus bergerak aktif selama satu bulan kedepan," tegasnya. ***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)