JATIGEDE - Petani di Dusun Cikandang, Desa Ciranggem, Kecamatan Jatigede mulai memanen buah semangka. Salah seorang petani, Cece Sumidi menyebutkan, komoditas semangka yang ditanam dilahan pesisir tersebut memang baru di tanam pada tahun ini.  "Tanaman ini merupakan percobaan. Setelah lama kami tidak menanam semangka karena lahan kami yang di blok Lontong tergenang," ujarnya, Minggu (18/10/2020).

Menurut Cece setelah melakukan percobaan menanam di lahan dekat pesisir bendungan, tanaman semangka yanh dihasilkan tetap berkualitas. Sehingga hasil panen cukup baik. "Dulu saat lahan di Lontong tanaman semangka rasanya begitu manis dan kualitas buahnya bagus. Sekarang kami menanam di wilayah Cikandang juga tetap bagus," ujarnya 

Karena masih percobaan, semangka yang ditanam tidak begitu banyak. Kemungkinan hasil panen juga tidak akan dijual banyak. "Mungkin ke depannya baru  akan menyiapkan lahan yang luas bagi tanaman semangka. Karena walau bagaimanapun dari dulu orang Jatigede selalu menanam semangka selain menanam kacang gondolo dan tembakau," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)