Petani Kopi Ganjartemu Siap Panen Kopi


Baca juga : Kopi Cibugel Siap Jadi Unggulan
Tanaman Jagung di Ganjarresik Bakal Diperluas


WADO - Para petani kopi di perkebunan kopi Ganjartemu, Desa Ganjarresik, Kecamatan Wado sedang menyiapkan pelaksanaan panen kopi. Diperkirakan panen raya kopi jenis arabica yang ditanam oleh petani Ganjartemu ini akan dilaksanakan awal Juni 2020.  "Saat ini biji kopi yang matang belum menyeluruh. Kami baru melalukan penyiangan kebun dulu sebelum panen dilaksanakan," ujar tokoh tani kopi Ganjartemu  Tatang Suhendar (50), Selasa (19/5/2020).

Menurut Tatang, panen kopi pada musim sekarang diperkirakan akan menghasilkan  jumlah biji kopi yang meningkat. Hal itu terlihat dari perkembangan tanaman kopi yang baik.  "Mudah-mudahan hasilnya lebih dari tahun kemarin," katanya.

Saat ini, kata Tatang, bersama petani lainnya telah menanam kopi seluas 20 hektare lebih. Penanaman kopi dilakukan secara berkelompok dengan jumlah anggota sekitar 20 orang.  Tatang menambahkan, berkaca dari panen musim tahun lalu, jumlah hasil panen diperkirakan akan diperoleh sekitar 2-3 ton dari luasan satu hektare.  "Kami prediksi pada musim panen sekarang ini bisa menghasilkan 60 ton ceri kopi," katanya. (nsa)


Kopi, Ganjarresik

Berita Terkait