RUTAN  - Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas Kelas IIB) Kabupaten Sumedang, warga binaan dan petugas lapas mengikuti swab test, Senin (29/6/2020). Swab tes dilakukan Dinkes  sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Kepala Lapas Kelas IIB Sumedang, Suranto mengatakan, ada sebanyak 70 orang penghuni Lapas Kelas II Sumedang yang menjalani swab tes, yakni 50 petugas lapas, dan 20 orang warga binaan. "Semua petugas lapas mengikuti tes swab ini, untuk warga binaan kami tentukan dari tiap kamar," katanya.

Menurutnya, petugas lapas lebih rentan terpapar Covid-19, karena setiap hari keluar masuk lapas. Sedangkan untuk warga binaan, ia menjamin semuanya negatif Covid-19.  "Karena petugas kan setiap hari keluar masuk lapas, berinteraksi dengan banyak orang, jadi kita tidak tahu mereka terpapar atau tidak. Oleh karena itu justru kami lebih mengkhawatirkan petugas, bisa saja memaparkan Covid-19," katanya.

Dikatakan, sejak pandemi Covid-19 Lapas Sumedang tidak menerima warga binaan baru. Kini jumlah warga binaan di Lapas Kelas IIB Sumedang ada 164 orang.  "Sejak 4 bulan lalu kami sudah tidak menerima warga binaan baru, yang ada di sini semuanya orang lama," katanya.

Lebih jauh dikatakan, upaya lainnya dari pihak lapas untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan lapas adalah dengan menerapkan protokol kesehatan, menyiapkan tempat cuci tangan, disinfektan, dan membagikan masker. Kemudian tidak memberlakukan jam besuk secara langsung. Pihak lapas kini memberlakukan besuk secara online. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)