BPS - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang resmi melakukan kick off Sensus Penduduk (SP) 2020 secara virtual dari ruang Kerja masing-masing, Selasa, (01/09/2020). Kick off SP 2020 Kabupaten Sumedang resmi dibuka mulai 1 September 2020, petugas Sensus Penduduk 2020 akan berkunjung dari rumah ke rumah untuk melakukan sensus penduduk hingga 30 September 2020.

Kepala BPS Sumedang,  Ferry Wibawanto mengungkapkan, pelaksanaan SP 2020 ini merupakan bagian lanjutan dari SP Online yang telah dilakukan sejak 15 Februari 2020 hingga 29 Mei 2020. "Sensus door to door merupakan lanjutan dari sensus online, petugas mendatangi masyarakat yang belum melakukan sensus mandiri secara online pada periode sebelumnya," ujarnya.

Pelaksanaan SP 2020 lanjutan yang berlangsung selama bulan September 2020 nanti akan dilakukan oleh para petugas yang telah dipersiapkan dengan baik mengutamakan protokol kesehatan. "Para petugas telah menjalani rapid test sebelum terjun ke lapangan untuk melakukan sensus penduduk,” katanya.

Para petugas sensus dibekali dengan alat perlindungan diri berupa masker, face shield, sarung tangan, dan hand sanitizer. Para petugas yang turun ke lapangan untuk melakukan pencatatan data penduduk selalu memakai rompi bertuliskan Petugas Sensus di bagian belakang rompi, memakai tas dengan logo BPS dan Sensus Penduduk 2020. “Petugas memakai tanda pengenal yang bertuliskan nama petugas, hal ini adalah sebagai identitas para petugas sensus di lapangan," jelasnya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)