PASEH - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir memantau pencoblosan Pilkades Serentak di Desa Desa Pasireungit Kecamatan Paseh dan Desa Tomo dan Marongge, Kecamatan Tomo Rabu (16/12/2020).

Di Kecamatan Paseh, saat melakukan kunjungan di Desa Pasirreungit, bupati mendapat penjelasan dari Camat Paseh Beni Satriaji yang mengatakan di Kecamatan Paseh ada dua desa yang menggelar pilakdes serentak yaitu Desa Legok Kidul dan Pasirreungit. Ditambahkan Beni, untuk Desa Legok Kidul jumlah hak pilihnya 3.355 orang yang dibagi menjadi 9 TPS dengan Calon Kepala Desa sebanyak 4 orang. Sedangkan Desa Pasireungit dengan hak pilihnya 1.837 orang yang dibagi ke dalam 5 TPS dengan calon Kades 4 orang.

Saat di Kecamatan Tomo tepatnya Desa Tomo, bBupati mendapatkan penjelasan dari Plt Camat Tomo Yoyih Maryamah kalau di Desa Tomo ada 8 TPS dengan jumlah pemilih 3.016 orang. Di Kecamatan Tomo lanjut Yoyoh ada 4 desa yang menggelar pilkades yaitu Desa Cipeles, Desa Tomo, Desa Marongge dan Desa Jembarwangi.
"Adapun jumlah calon kades dari 4 desa ini sebanyak 19 orang," katanya.

Selain di Desa Tomo, untuk Kecamatan Tomo ini Bupati juga melakukan monitoring pilkades serentak di Desa Marongge tepatnya di TPS 1. Usai melakukan kunjungan Bupati mengatakan kalau kegjatan monitoring ini juga dilakukan untuk memastikan kalau pelaksanaan pilkades dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan mengingat pilkades digelar ditengah masa pandemi Covid 19. "Saya melakukan monitoring Pilkades di Kecamatan Paseh dan Tomo. Saya melihat pelaksanaan dan penggelolaan TPS berjalan dengan baik, aman dan lancar, terbebas dari kerumunan," kata bupati.

Bupati juga mengapresiasi salah satu TPS di Kecamatan Tomo yaitu TPS 1 Desa Tomo yang dalam pemilihannya menggunakan pembagian 3 kloter waktu.
"Ini sangat bagus sekali karena berjalan damai, lancar, dan tidak terlihat kerumunan. Saya juga melihat protokol kesehatannya dijalankan dengan sangat baik," tandasnya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)