Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati 

GEDUNG NEGARA - Pj Bupati Herman Suryatman menghadiri kegiatan Silaturahmi Kerja Wilayah ICMI Orwil Jawa Barat, di Gedung Negara, Kamis (7/2/2024). Kegiatan tersebut dihadiri oleh pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) se-Jawa Barat.

Pj Bupati Herman, berharap dengan digelarnya Silakwil di Sumedang ini bukan hanya forum formalitas saja, tapi harus menghasilkan pemikiran-pemikiran yang cerdas dan progresif.

"Syukur alhamdulilah hari ini Pemda Sumedang menjadi tuan rumah Silakwil ICMI Orda Jawa Barat. Kami berharap dari Silakwil ini bisa dihasilkan pemikiran-pemikiran yang cerdas, pemikiran-pemikiran yang progresif untuk kemajuan Jawa Barat umumnya, dan tentu untuk Kabupaten Sumedang," kata Herman.

Pj Herman para cendikiawan muslim di Jawa Barat ini bisa mengambil peran lebih dalam mengelola berbagai persoalan, untuk dijadikan tantangan, dan pada akhirnya menjadikan peluang.

"Paling tidak muaranya adalah bagaimana para cendikiawan muslim ini berkontribusi untuk menurunkan kemiskinan, menurunkan pengangguran, dan berbagai indikator makro pembangunan yang lainnya," ujarnya Pj Bupati Herman.

Menurut Pj Bupati Herman, apapun institusi dan programnya, yang paling penting adalah rakyat sejahtera, dan ICMI menjadi bagian untuk mensejahterakan rakyat.

"Tidak ada superman yang ada adalah super tim. Dan kami Pemda Kabupaten Sumedang siap bahu-membahu dengan ICMI untuk membangun Sumedang, lebih jauhnya membangun Jawa Barat," ujarnya.

Ketua ICMI Jawa Barat, Sutarman menyebut, Jawa Barat memiliki berbagai masalah, diantaranya ketahanan pangan, stunting, pendidikan, lingkungan hidup, dan moderasi beragama.

"Maka dengan kegiatan Silakwil ini diharapkan ICMI bisa ikut mengatasi masalah-masalah tersebut, berdampak dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Lebih jauhnya disampaikan, ICMI Jawa Barat berterima kasih kepada Pemda Kabupaten Sumedang yang memfasilitasi kegiatan tersebut. 

"Respon dari pak Pj Bupati Sumedang sangat luar biasa, bahwa kami mendapatkan wahana untuk mengimplementasikan berbagai gagasan yang sudah terstruktur di dalam program kerja. Dengan adanya komitmen dari pak pj bupati untuk bisa menyalurkan gagasan ini, itu sangat kami apresiasi sekali," tuturnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)