PKK Sirnamulya Gelar Lomba Balita Sehat


Baca juga : Kader bahagia Jumlah Stunting Berkurang
Hatinya PKK Sumedang, Bikin Sehat!


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Pokja IV PKK Desa Sirnamulya mengadakan Lomba Balita Sehat dengan tema Cegah Stunting Sejak Dini, di Aula Desa Sirnamulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, Selasa, (25/08/2020)

Ketua TP-PKK Kecamatan Sumedang Utara Ny. Yusrina Nandang menyebutkan untuk saat ini hanya ada satu kriteria yang diperlombakan yaitu usia 6-12 bulan. Lomba ini merupakan salah satu sarana untuk memotivasi ibu agar lebih peka terhadap anaknya sejak dari masa kehamilan hingga berusia balita.

"Perlombaan hanya satu kategori usia 6-12 bulan, dengan lomba ini kami berharap dapat memotivasi ibu agar lebih peka terhadap anak sejak hamil hingga balita," kata Yusrina.

Dalam perlombaan ini, setiap anak akan ditimbang berat badan serta dilakukan pengukuran tinggi badan serta lingkar kepala, setelah itu nantinya anak beserta ibu harus menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan para juri. Yaitu, kelengkapan imunisasi dengan dibuktikan buku KIA, pemeriksaan telinga, kuku, gigi pada anak dan indikator kemampuan anak berdasarkan usia, pola makan, kebutuhan ASI yang diberikan ibu pada anaknya dan alat kontrasepsi yang dipakai.

“Penilaiannya berupa berat badan, tinggi, lingkar kepala hingga pertanyaan kepada orang tua berupa kelengkapan kesehatan yang telah dilakukan seperti imunisasi dan lain halnya," tambah Yusrini.*** (rsi)


stunting, PKK

Berita Terkait