SUMEDANGKAB.GO.ID, PASEH - Untuk meningkatkan stok pangan pada masa Pandemi Covid -19, Kelompok Tani Sri Mekar Jaya, Desa Legok Kidul, Kecamatan Paseh berupaya melakukan terobosan dalam meningkatkan hasil produksi pertanian khususnya tanaman padi.
Salah satu caranya dengan cara melakukan uji coba penyilangan benih padi.
"Salah satu upaya  pemulyaan benih padi atau yang disebut penyilangan benih dari varietas yang berbeda,  sehingga menghasilkan bibit varietas lokal yang unggul," ujar Kepala UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Paseh, Rochaeni, Minggu (6/9/2020) 
Ia mengatakan, pihaknya mendatangkan ahli atau pakar penyilangan benih dari luar Kabupaten Sumedang dan juga mendatangkan perwakilan koordinator dari tiap gapoktan yang ada di Kabupaten Sumedang untuk menimba ilmu dari penyilangan benih tersebut. 
"Kegiatan ini dilakukan atas prakarsa dari ketua kelompok Tani Sri Mekar Jaya, pihak dinas sangat mendukung kegiatan yang digagas oleh Pak Armat sebagai ketua kelompok tani,  semoga hasil dari ujicoba pemulyaan benih ini bisa membuahkan hasil yang optimal," katanya.
Pjs Kades Legok Kidul Iswanto S.E, mengapresiasi kegiatan  kegiatan penyilangan binih padi  yang dilakukan oleh Kelompok Tani Mekar Jaya tersebut  Upaya itu sangat bagus untuk mendongkrak hasil produksi pertanian yang maksimal. 
Hal senada juga diungkapkan Batibung Pos Koramil Paseh, Peltu Agus mengucapkan pihakna dari TNI dan POLRI khususnya dari Pos Koramil Paseh dan Polsek Paseh beserta UPT pertanian Paseh akan selalu mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh kelompok tani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)