RSUD - Layanan rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang kembali dibuka mulai Senin (24/8/2020). Sebelumnya, semua poli rawat jalan di RSUD Sumedang ditutup pada Selasa (18/8/2020) dan Rabu (19/8/2020) untuk mencegah penyebaran virus Corona dan untuk menekan jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, semua poliklinik rawan jalan di RSUD yang sempat ditutup selama dua hari itu saat ini sudah dibuka kembali. "Ya, sudah buka lagi, ditutup hanya dua hari supaya RSUD konsolidasi dulu, mensterilkan peralatannya dan lingkungannya," ujar Dony.

Selain itu, kata Dony, semua tenaga kesehatan di RSUD Sumedang juga sudah dilakukan swab test, sehingga untuk yang hasilnya negatif, mereka sudah bisa bekerja lagi. "Jadi, mayoritas yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu dari tenaga kesehatan baik di rumah sakit dan ada beberapa di puskesmas," katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri mengatakan, penutupan RSUD dilakukan setelah adanya 31 Nakes RSUD Sumedang dan 9 Nakes di sejumlah Puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid-19. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)