Posko di Desa-desa Turut Dijaga Anggota TNI dan Polri


Baca juga : Dinkes Siagakan Posko Kesehatan di Kawasan Bencana Banjir
Kecamatan Tomo Dirikan Posko Cek Poin Perbatasan
Sumedang Ajukan PSBB Bersama Kawasan Bandung Raya


CISITU -  Polsek Cisitu meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan adanya tindakan kriminalitas pada kondisi sekarang  Kondisi saat ini, berdampak pada merosotnya kondisi ekonomi masyarakat.  "Perekonomian masyarakat diakui memang banyak yang sudah mulai lemah. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak kepada meningkatnya tindak kriminalitas. Makanya perlu kewaspadaan untuk pencegahan," ujar Kapolsek Cisitu, Iptu. Awang Munggardijaya, Kamis (14/5/2020).

Menurutnya, dalam kondisi yang kalut, apapun bisa dilakukan oleh setiap orang. “Bahkan karena keadaan, orang baikpun bisa berbuat jahat," katanya lagi.

Oleh karenanya, kata dia, Polsek Cisitu terus mengoptimalkan fungsi petugas posko siaga yang ada di setiap desa. Posko siaga yang dibuat untuk mengawasi barang dan orang yang masuk ke wilayah desa dengan tujuan mengurangi resiko penyebaran virus korona itu, sekaligus mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.  "Setiap desa ada posko siaga dengan jumlah 3 sampai 5 pos, di setiap pos desa ditempatkan juga Bhabinkantibmas, Babinsa dan Satpol-PP dan dibantu petugas dari Karangtaruna serta warga," katanya.

Dia menyebutkan, penjagaan pos bisa sampai 24 jam non stop dengan sistem bergiliran. Pada masing-masing shif, petugas diwajibkan untuk patroli lingkungan. "Sebagian petugas posko siaga juga melakukan patroli kemanan dan ketertiban masyarakat. Dengan begitu, akan mempersempit ruang untuk pelaku kriminalitas," katanya. (nsa)


Posko, Cek Poin, PSBB

Berita Terkait