PRAMUKA - Sebanyak 10 orang pelatih pembina pramuka di Kabupaten Sumedang mengikuti kegiatan pelatihan Naratama Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sumedang Tahun 2020.

Kegiatan yang diinisiasi Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kwarcab Sumedang tersebut digelar di tempat wisata Tegal Jarong, Jatigede, Selasa (13/10/2020) dan secara resmi dibuka Wakil Bupati H Erwn Setiawan yang juga ketua Kwarcab Sumedang.

Ketua Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Sumedang Suryarti mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya meningkatan pengetahuan dan keterampilan Pelatih Pembina Pramuka di Kwartir Cabang Pramuka Sumedang. "Tujuannya meningkatkan pengetahuan Pelatih Pembina Pramuka, meningkatan keterampilan Pelatih Pembina Pramuka serta meningkatkan komunikasi antar Pelatih Pramuka yang ada di wilayah Kwarcab Sumedang," katanya.

Ditambahkannya kegiatan pelatihan dilaksanakan selama sehari dan diisi dengan sarasehan serta pembekalan Naratama.

Ketua Kwarcab Kabupaten Sumedang H Erwan Setiawan dalam sambutannya mengatakan peran dan fungsi pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) di kwartir cabang sangat diperlukan untuk bisa menjamin kualitas Gerakan Pramuka. "Maju mundurnya Pramuka di Sumedang ini ada di pundak Pusdiklatcab yang menjamin kualitas SDM Pramuka melalui peningkatan kemampuan, baik itu yang sifatnya dasar maupun lanjutan. Oleh karena itu, kegiatan ini harus terus dilaksanakan secara berjenjang," katanya.

Naratama bertujuan untuk mengembangkan hasil yang diperoleh para peserta lulusan KPD dan KPL serta meningkatkan dan menjamin kualitas para Pembina Pramuka yang handal. “Kegiatan ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk jaminan keberlangsungan organisasi kepramukaan melalui pendidikan dan pelatihan,” katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)