JATINUNGGAL - Angka kemiskinan di Desa Banjarsari terutama di wilayah Kampung KB Raharja menurun, seiring pembangunan sumberdaya manusia di kampung tersebut meningkat. Pembentukan Kampung KB berkontribusi besar pada naiknya kesejahteraan masyarakat.  "Masyarakat di Kampung KB Raharja kini memiliki berbagai kemampuan pengembangan usaha baik dari sektor pertanian maupun usaha kecil menengah," ujar Camat Jatinunggal Edi Wahyu, Selasa (1/9/2020).

Ia mengatakan, tertanamnya kesadaran warga untuk menggali potensi ekonomi adalah bukti dari terwujudnya program Kampung KB yang digagas pemerintah. Kemudian, kata dia, bukti konkret berhasilnya Kampung KB di Desa Banjarsari, secara langsung bisa berkontribusi pada kesejahteraan warga. "Saat ini saja dengan modal swadaya masyarakat setempat bisa membangun arena bermain, arena kumpul warga yang bisa dimanfaatkan untuk wisata lokal. Ini adalah bukti bahwa program kampung KB berhasil. Keberhasilannya ya sudah pasti akan berdampak pada kenaikan indek kebahagian," ujar Edi.

Keberhasilan Kampung KB Raharja di Desa Banjarsari diharapkan bisa dicontoh oleh desa lain di wilayah Desa Jatinunggal Sehingga peningkatan kualitas kesejahteraan warga bisa meningkat dan Lebih jauhnya bisa mendongkrak perekonomian warga. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)