GEDUNG NEGARA - Bupati Sumedang  H. Dony Ahmad Munir menerima kunjungan dari Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DPC Bandung – Sumedang, di Gedung Negara, Senin (02/11/2020).

Sales Branch Manager Rayon III  Sumedang, Faris Aceriza menjelaskan, audiensi iuntuk diskusi membahas terkait Program Langit Biru. Program Langit Biru merupakan salah satu upaya untuk mengurangi pencemaran udara, khususnya yang bersumber sektor transportasi,” katanya.

Program yang didorong oleh PT. Pertamina dan Hiswana Migas ini sebagai bentuk komitmen terhadap pelestarian lingkungan karena menggunakan BBM berkualitas dengan oktan yang tinggi, energi BBM bersih yang rendah emisi. "Diskusi program langit biru merupakan program yang mengedukasi masyarakat untuk mengurangi emisi bahan bakar dengan mengubah kebiasaan pengisian bahan bakar menggunakan pertalite," katanya.

Salah satu langkah edukasi dan pengarahan penggunaan pertalite dengan mengurangi harga pertalite secara teratur untuk enam bulan ke depan dikhususkan kepada pengguna kendaraan roda dua dan angkutan umum. "Program pertalite harga khusus ini untuk motor dan kendaraan umum, Program Langit Biru sendiri salah satu langkah dalam mengedukasi market tentang kadar bahan bakar yang baik agar mengurangi pencemaran lingkungan, “ katanya.

Pemberian harga khusus pertalite dilakukan secara bertahap. Potongan harga Rp 1.200,- per liter harga Pertalite sama dengan harga Premium dan dilakukan selama dua bulan. Kemudian Potongan harga Rp 800,- per liter selama dua bulan. Potongan harga Rp 400 per liter dan dilakukan selama 2 bulan. Tanpa potongan harga  atau harga pertalite kembali normal.

Bupati Dony menyambut baik Program Langit Biru yang selaras dengan Visi Misi Sumedang Simpati yaitu mewujudkan Sumedang sebagai Kota Buludru, dan berharap perubahan tersebut diiringi dengan sosialisasi dan edukasi yang sederhana kepada masyarakat agar tidak menjadi kesalahpahaman. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)