Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

RANCAKALONG - Program Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Desa Pasirbiru, Kecamatan Rancakalong tuntas dilaksanakan ditandai dengan penilaian oleh tim dari Provinsi Jawa Barat Selasa, 5 Desember 2023. Berbagai kreasipun ditampilkan warga Desa Pasirbiru dalam menyambut kedatangan tim penilaian tersebut antaralain upacara adat, seni gondang ibu lansia dengan BKL, paduan suara BKR dan kader, tari oleh keluarga binaan, serta jinggle forum anak.

"Alhamdulilah kami semua kompak dalam kegiatan termasuk saat dalam penilaian kemarin kami juga tampil bersama," terang Ketua TP PKK Desa Pasirbiru Lilis Rohaeti, Kamis 7 Desember 2023.

Dikatakan Lilis, dirinya senang dan bangga ada program P2WKSS lokus Desa Pasirbiru, karena adanya program ini dapat memberdayakan warganya khususnya kaum perempuan. Apalagi, untuk 100 keluarga binaan pengetahuan dan keterampilan mereka menjadi lebih meningkat dari sebelum adanya program P2WKSS.

Lebih lanjut dikatakan Lilis, semoga kedepannya dengan adanya program P2WKSS ini wanita wanita yang ada di Desa Pasirbiru menjadi wanita wanita kuat tangguh dan mandiri.

"Selain itu bisa menambah peningkatan pendapatan keluarga," tambahnya.

Secara terpisah Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) DPPKB Sumedang Ekki Riswandiyah mengatakan dengan dilakukan penilaian akhir oleh Tim dari Provinsi Jawa Barat berarti program P2WKSS di Desa Pasirbiru Kecamatan Rancakalong telah tuntas.

"Saat ini kami tinggal menunggu pengumuman hasil penilaian dan rencana tindak lanjut pasca kegiatan P2WKSS yang sudah berlangsung sekitar 10 bulan di Desa Pasirbiru tersebut," tambahnya. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)