SITURAJA - Puluhan rumah tidak layak huni di Situraja akan mendapat bantuan dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).  Camat Situraja, Sutisna mengatakan, bantuan BSPS tersebut tersebar di tiga desa yang ada di Kecamatan Situraja, yaitu di Desa Karangheuleut, Cijati dan Jatimekar. "Kami harap panitia perehaban yang terbentuk ditingkat desa harus bisa menyukseskan program tersebut dengan menggerakan swadaya masyarakat sebanyak-banyaknya. Program ini akan sukses dan maksimal jika dorongan swadaya dari masyarakatnya bagus," ujar camat, Senin (26/7/2020).

Kepala Desa Karangheuleut, Rodiah menyebutkan, di desanya ada 15 rumah yang akan direhab oleh program BSPS. Namun baru 11 rumah yang sudah terealisasi mendapatkan bantuan. "Kami bangga antusiasme swadayanya cukup bagus, sehingga proses perehaban lancar," katanya.

Menurut Kepala Desa Cijati, Asep Junjun, bantuan tersebut sangat membantu pihak desa untuk pengentasan kemiskinan. Setidaknya masyarakat kurang mampu yang tinggal di rumah tidak layak huni, saat ini bisa merasakan tinggal di rumah yang layak untuk ditempati. "Dengan tinggal di rumah yang layak tentunya membuat warga nyaman dan tidak khawatir menempati rumah," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)