Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati 

DISARPUS - Puluhan siswa kelas 4 SDN Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara mendatangi Perpustakaan Daerah Sumedang, Selasa 5 Desember 2023. Kedatangan para siswa dan gurunya tersebut untuk melaksanakan kegiatan Outing Class dengan tema "Goes to Perpustakaan Daerah Sumedang".

Kegiatan ini diikuti dengan penuh antusias oleh para siswa yang mengunjungi Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Sumedang. Guru pembimbing turut memandu para siswa untuk mengenal lebih dekat Perpustakaan Daerah Sumedang, yang merupakan perpustakaan terbesar di Kabupaten Sumedang.

Salah seorang guru pembimbing yang juga Wali Kelas 4 B, Uun Untiwati, S.Pd mengatakan kegiatan ini sejalan dengan program Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang yang sedang fokus untuk meningkatkan literasi di kalangan siswa. 

"Dengan membaca diharapkan para siswa dapat tumbuh menjadi pribadi yang luar biasa dan berpengetahuan luas. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter dan peningkatan kemampuan literasi siswa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disarpus Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa, turut menyambut kedatangan para siswa dengan hangat. 

"Kami berharap kehadiran kami ini memberikan kesan yang positif bagi para siswa, menambah kegembiraan mereka dalam menjalani kegiatan Outing Class ini," ujarnya.

Tidak hanya menyambut dengan hangat, Hari juga memberikan dorongan kepada para siswa untuk rajin membaca. Ia mendorong agar para siswa sering-sering datang ke Perpustakaan Daerah untuk mengeksplorasi beragam pengetahuan yang dapat diperoleh melalui literatur-literatur yang tersedia di sana.

"Kami senang melihat antusiasme para siswa dalam belajar dan membaca. Semoga kalian bisa menjadi generasi yang cerdas dan berpengetahuan luas. Jangan ragu untuk datang ke perpustakaan dan manfaatkan fasilitas ini sebaik mungkin," ucapnya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)