Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati

BPBD - Sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban bencana gempa bumi di wilayah Kabupaten Cianjur, selama tiga hari ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, telah mengirimkan anggota Pusdalops untuk menjalankan misi kemanusiaan di lokasi bencana. Selain membantu melakukan pencarian korban, anggota Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang ikut andil juga dalam membantu pengadaan pasokan makanan di dapur umum.

"Selama menjalankan misi kemanusiaan di lokasi bencana gempa Cianjur, anggota kami tentunya selalu berkoordinasi dengan BPBD Cianjur," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno, Kamis , 24 November 2022.

Atang menyebutkan, sebagaimana petunjuk dari pemerintah setempat, dalam hal ini BPBD Cianjur, anggota Pusdalops BPBD Sumedang kini telah mendirikan Posko Pengungsian di sekitar daerah Bojong, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

Posko tersebut, kata Atang, sengaja didirikan untuk membantu memfasilitasi pelayanan medis, dan dapur umum bagi para korban bencana gempa di Cianjur.
"Jadi ada banyak sekali pekerjaan yang dijalankan personil BPBD Sumedang di sana, mulai dari membantu pencarian korban, membantu pengiriman dan pemilahan logistik, hingga membantu penyediaan pasokan makanan di dapur umum," ujar Atang.

Lebih jauh dikatakan, seiring masih banyaknya beban tugas yang harus dikerjakan selama menjalankan misi kemanusiaan di sana, maka BPBD Kabupaten Sumedang kini berencana akan melakukan pergantian personil.

Atang menyebut, rencananya Jumat ini BPBD Sumedang akan kembali mengirimkan personil baru untuk menggantikan petugas yang telah bekerja selama tiga hari di sana.

"Jumat besok kami akan mengirimkan personil baru ke lokasi bencana gempa Cianjur. Sekaligus akan mengirimkan tambahan logistik berupa bahan mi instan, air mineral serta beras BPBD dan Baznas Sumedang," tutur Atang. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)