DINKES - Pelayanan di Puskesmas Situ. Kecamatan Sumedang Utara akan ditambah dengan Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Dasar (PONED). Puskesmas Situ kini menempati bangunan baru di Jl Angrek atau eks bangunan kantor BLH Sumedang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Uyu Wahyudin mengatakan, saat masih di lingkungan Karapyak Puskesmas Situ tidak ada sarana PONED.
"Ditempat baru bangunannya sangat memungkinkan sehingga bisa ditambah pelayananan PONED," jelas Uyu Senin (25/1/2021).

Dijelaskan Uyu PONED merupakan pelayanan untuk menanggulangi kasus-kasus kegawatdaruratan obstetric neonatal.  PONED menerima rujukan dari tenaga atau fasilitas kesehatan di tingkat desa atau masyarakat yang merujuk ke rumah sakit. Layanan PONED juga dilakukan dalam uoaya menurunkan angka lematian ibu dan bayi, karena dengan adanya PONED proses persalinan yang sifatnya gawat darurat bisa cepat ditangani.

Selain PONED lanjut Uyu Puskesmas Situ juga akan dilengkapi dengan fasilitas rawat inap dan menjadi rujukan bagi puskesmas puskesmas yang ada di sekitarnya.
Lebih lanjut dikatakan Uyu dengan tambahan dua fasiltas ini diharapkan tingkat pelayanan puskesmas Situ kepada masyarakat akan lebih meningkat lagi. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)