SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES - Puskesmas Sumedanng Selatan mengajak para ibu hamil untuk melakukan VCT alias Voluntary Counseling and Testing. VCT adalah tes sukarela untuk mengetahui adanya infeksi HIV atau tidak. HIV adalah virus yang menyerang imunitas tubuh dan dapat memperparah kondisi tubuh jika ada penyakit penyerta. Sementara, jika ibu hamil mempunyai HIV maka akan beresiko menularkan kepada anaknya. Padahal, HIV dapat dicegah penularannnya dari ibu hamil ke anaknya melalui metode persalinan tertentu.

“Ada Sebanyak 65 ibu hamil di Kecamatan Sumedang Selatan yang dilakukan tes HIV dalam rangka peringatan Hari AIDS se Dunia,” kata Kepala Puskesmas Sumedang Selatan, Ny Hj. Ratna Wulan, SST M, Tr. Keb Selasa (1/12/2020), bertempat di Puskesmas Sumedang Selatan.

Dalam peringatan Hari AIDS sedunia tahun ini, tema yang di usung yaitu Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Solidaritas 20 Tahun  Menuju Akhir AIDS 2030, dengan sub tema "Saya Berani Saya Sehat'.

Ratna menjelaskan, tes HIV dilakukan untuk memutus mata rantai penularan HIV jika memang ada HIV pada tubuh ibu hamil. HIV sendiri menular akibat hubungan seksual yang tidak menggunakan pengaman dan berganti-ganti pasangan. Akibat lain adalah seksual sejenis. Serta adanya tranfusi darah dari ordang dengan HIV ke orang lain.

Dijelaskan dia, sebenarnya pihak Puskesmas ingin 100 persen ibu hamil di Sumedang Selatan bisa melakikan VCT. Dengan kegiatan tersebut akan terjaring kasus HIV pada ibu hamil, supaya dari awal bisa terdeteksi. Jika ada yang terdeteksi positif, pihaknya bisa melakukan penanganan sehingga HIV nya tidak ditularkan pada bayinya.

"Dan dari hasil pemeriksaan terhadap 65 ibu hamil ini, alhamdulilah tidak ditemukan ibu hamil yang terdeteksi HIV," tandasnya. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)