GEDUNG NEGARA - Pemerintah Kabupaten Sumedang memberikan penghargaan kepada kafilah Sumedang yang meraih prestasi pada MTQ XXXVI Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020 yang berlangsung pada tanggal 3 - 11 September 2020 di Kabupaten Subang.

Penghargaan diberikan langsung Bupati H. Dony Ahmad Munir di Gedung Negara, Kamis (17/9). Diantaranya kepada Juara Terbaik III  Cabang Tartil Putra atas nama M. Nur Misbahudin Al Faqih, Terbaik III Cabang Tilawah Anak-anak Putra atas nama Fahbian Al Gozali, dan Terbaik III Cabang Tahfizh Qur'an 10 Juz Putri atas nama Aziza Khoiriah.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Sumedang yang juga Sekretaris Daerah Herman Suryatman melaporkan, Kafilah MTQ Sumedang terdiri dari 37 orang untuk Cabang Tilawah Qur'an, Tahfizh Qur'an, Khottil Qur'an, Syarhil Qur'an, Fahmil Qur'an, Karya Tulis Ilmiah Al Quran, dan Tafsir Qur'an Bahasa Arab. Dalam ajang ini Kabupaten Sumedang menempati urutan ke 16 dari 27 Kabupaten/Kota se Jawa Barat. Sementara untuk urutan paling atas diraih oleh Kota Bandung, kemudian Kabupaten Bandung dan ketiga Kota Tasikmalaya.

Diakui Herman dalam menghadapi MTQ tingkat Provinsi, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh jajaran LPTQ Sumedang yakni masih belum optimalnya proses penjaringan dan pembinaan terhadap calon anggota kafilah.  "Pencarian dan pemantauan bibit peserta tidak cukup hanya dengan mengandalkan pelaksanaan MTQ atau STQ di tingkat kabupaten. Selain itu, masih belum optimalnya pembinaan," katanya.

Untuk itu, menurutnya diperlukan adanya mitigasi dari beberapa kendala yang dihadapi antara lain dengan melakukan penjaringan di tingkat kecamatan dan desa serta ditambahnya volume pembinaan dengan melibatkan banyak pembina dari LPTQ kabupaten dan provinsi.
Bupati H Dony Ahmad Munir dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para kafilah beserta jajaran pengurus LPTQ Sumedang yang telah bekerja keras untuk meraih prestasi pada MTQ Jawa Barat.  "Atas nama Pemerintah Kabupaten Sumedang, saya haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para kafilah beserta jajaran LPTQ Sumedang yang telah bekerja keras berjuang semaksimal mungkin untuk meraih yang terbaik di MTQ kemarin dengan cara yang fair," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)