Penulis : Ade Widi | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Pemkab Sumedang menggelar Rakor Fokompimda untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana memasuki musim penghujan dan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 . Rakor dipimpin Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman di ruang kerja Bupati Sumedang, Rabu (6/12/2023). "Terkait dengan penanganannya sendiri harus dengan SOP yang jelas sehingga bisa melakukan langkah dan penyelematan dengan segera, saya juga minta semua Desa Tanggap Bencana (Destana) untuk diaktivasi kembali," kata Herman.

Pj Bupati Herman juga menekankan kepada BPBD untuk menormalisasi dan menyusur sungai-sungai di daerah Cimanggung, Jatinangor dan Ujungjaya yang rawan bencana. "Terkait pelayanan saya juga meminta  adanya Integrasi antara nomor darurat 119 dan 110 milik kepolisian dalam satu platform sehingga masyarakat bisa mengakses dengan satu klik atau satu pusat komando ketika terjadi bercana,"tuturnya.

Terkait dengan Pemilu, Herman berharap masyarakat Sumedang bisa ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi. "Saya harap kita juga bisa mendorong masyarakat turut hadir dalam pesta demokrasi dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya memilih, tidak termakan hoaks dan kisruh karena perbedaan pilihan," katanya.

Wakapolres Kompol Meilawaty mengatakan, menyikapi kedua masalah tersebut Polres Sumedang siap mendukung dan menjaga wilayah Kabupaten Sumedang agar tetap aman. Untuk kesiapsiagaan akan digelar apel siaga, Jumat (8/12/2023) lusa. "Kami juga akan melakukan edukasi mitigasi bencana sehingga masyarakat merasa pemerintah hadir melindungi dan menjamin masyarakat,"jelasnya.

Forkopimda menyiapkan Posko Pemilu pelayanan bagi masyarakat umum terkait dengan pemilu.  "Kami juga dari kepolisian akan mengantisipasi terkait hoaks dengan monitoring digital yang kami miliki,” katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)