DISDIK – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang selesai membangun dan merehab ratusan ruang kelas, guru, perpustakaan, jamban dan UKS di sekolah dasar (SD). Pembangunan dan rehab  dilakukan saat pandemi Covid-19, siswa belajar di rumah, tidak ada kegiatan belajar mengajar di sekolah,  Tahun 2020. 

Sebanyak 205 ruang kelas, 77 ruang perpustakaan, 80 ruang guru, 689 Jamban direhab. Kemudian membangun  27 ruang kelas baru, 8 jamban, 6 ruang perpustakaan, 6 ruang guru, 11 ruang UKS. Ada juga penataan halaman di 74 sekolah, pembangunan  TPT di 6 sekolah. “Pembangunan dan rehab di ratusan sekolah itu membuka peluang pekerjaan untuk warga sekitar sekolah, warung pedagang makanan dan minuman, pedagang material bangunan dll. Ada perputaran uang di sekitar lokasi pembangunan,” kata Bupati Dony Ahmad Munir, Kamis (7/1/2021).

Selain pembangunan dan rehab juga ada pengadaan alat kesenian tradisional untuk  136 SD. Pengadaan 14 paket peralatan teknologi informasi dan komunikasi untuk 14 SD. Pengadaan 17 paket media pendidikan untuk 17 SD. “Meningkatnya pelayanan dasar mencangkup sarana dan prasarana pendidikan merupakan visi Sumedang SIMPATI, Sejahtera Masyarakatnya,” kata bupati. (drs)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)