Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

NAGRAK - Pemerintah Desa Nagrak, Kecamatan Buahdua melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Kepala Desa Nagrak, Erin Kunfana mengatakan, PKTD di desanya meliputi kegiatan pengerasan jalan usaha tani (JUT), di blok Songgom. "PKTD kegiatan pengerasan jalan usaha tani di blok Songgom, yang menuju areal persawahan Pasir Landak, Ciwaru, Cikaret, dan sekitarnya," kata Erin, Kamis (8/12/2022).

Ia menuturkan, warga Desa Nagrak sangat antusias mengikuti kegiatan PKTD tersebut. Sejak dimulai 4 hari lalu, ratusan warga ikut terlibat. Sesuai Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021, mereka yang terlibat masuk kategori pengangguran, dan keluarga miskin. "Alhamdulillah antusias warga sangat tinggi. Warga yang terlibat per hari di kisaran 100 orang, bahkan hari pertama ada 120 orang," ujarnya.

Erin menggambarkan, kondisi jalan usaha tani di blok Songgom sebelumnya sangat mengkhawatirkan. Apalagi jika diguyur hujan, jalan tersebut becek dan licin, sehingga menghambat warga mengangkut hasil taninya. "Dengan adanya kegiatan ini jalan jadi mudah dilewati kendaraan untuk mengangkut hasil bumi. Warga juga merasa terbantu secara finansial karena pendapatannya bertambah," katanya lagi.

Kades menuturkan, awalnya target pengerasan jalan sepanjang 165 meter, namun dalam pelaksanaannya melebihi target. "Targetnya sebetulnya 165 meter, sudah terealisasi, sekarang malah lebih dari yang ditargetkan," ujarnya.

Ia pun berterimakasih kepada masyarakat yang mendukung dalam kegiatan PKTD. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)