SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Di masa pandemi, penggunaan narkoba bisa jadi meningkat. Yaitu terjadi pada pengguna narkoba itu sendiri ketiika harus mengikuti kebijakan tinggal #dirumah saja. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Rehabilitasi Dr. Rahmatullah Sidiq  menanggapi masih aktifnya kegiatan rehabilitasi pengguna narkoba di masa pendemi.

"Orang normal mungkin hanya mengalami bosan saja ketika di rumah, namun untuk pengguna narkoba akan dilanda stress, bahkan bisa jadi malah penggunaan narkoba di kalangan pengguna meningkat, " ujar Dr. Sidiq (17/6/2020) .

Untuk itu, BNNK terus melakukan rehabilitasi intensif meski melalui daring. Dari data rehabilitasi selama pandemi mulai dari 16 Maret sampai Juni, terdapat 5 pengguna narkoba yang melakukan rehabilitasi secara daring menggunakan layanan video call.

"Ada 5 pengguna yang sedang melakukan layanan rehabilitasi melalui daring, hal ini dilakukan demi mematuhi protokol kesehatan serta kenyamanan pasien, jika bertemu langsung harus menggunakan baju APD akan membuat kurang nyaman, pilihan lainnya melalui daring, video call agar terus memantau dan mengevaluasi," tambahnya.

Dr. Sidiq selaku kepala seksi rehabilitasi BNNK Sumedang menghimbau kepada masyarakat agar terbuka dalam kasus ini, agar pencegahan dini dapat dilakukan. "Kasus penyalahgunaan zat terlarang beda dengan penyakit pada umumnya, mereka cenderung tertutup. Ini harus menjadi perhatian bersama, agar langkah pencegahan serta pengobatan mental dapat dilakukan sebelum fatal," ujarnya lagi.***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)