SUMEDANGKAB.GO.ID.,KOTA - Pemerintah Kabupaten Sumedang berencana menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka dengan membuka di masa pandemi Covid-19. Rencananya akan dibuka 2 sekolah tingkat SMA dan SMK dulu sebagai percontohan. Salah satu sekolah yang akan dibuka adalah SMAN 1 Sumedang.

"Sebelum membuka sekolah kami akan terlebih dahulu membuka dua sekolah sebagai sekolah percontohan untuk melihat sejauh mana cara melakukan sekolah di tengah pandemi Covid-19," ujar Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, di Jatinangor, Rabu (9/9/2020).

Dua sekolah yang akan menjadi percontohan yakni sekolah yang rekomen dari Pemprov Jabar.

Namun, hingga saat ini, lanjut Dony, sekolah di Sumedang belum diperbolehkan mengadakan KBM tatap muka, guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

"Karena, sekolah itu kan banyak sekali siswa, dikhawatirkan kalau ada apa-apa kan penyebarannya cepat dan anak-anak ini kan memang pengendalian dirinya berbeda dengan orang dewasa," katanya.

Pemkab akan menghimbau agar pihak sekolah menggelar swab test masif terhadap seluruh guru di Kabupaten Sumedang, terutama bagi guru yang akan menggelar KBM tatap muka.

Selain itu, sebelum siswa mengikuti KBM tatap muka, pihak sekolah harus menerima surat pernyataan dari semua orang tua jika anaknya benar-benar memang diizinkan untuk mengikuti KBM tatap muka.

"Memang harus ada pernyataan dulu dari orang tua untuk mengijinkan anaknya mengikuti kegiatan belajar jadi nanti bisa daring bisa luring," katanya.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)