KOTA - Indonesia Escorting Ambulance (IEA) wilayah Sumedang siap membantu warga Sumedang yang memerlukan pengawalan laju ambulans. IEA di Sumedang sudah terbentuk dari 2018. 

Ketua IEA Sumedang  Riki Apit Triyadi menyebutkan, IEA adalah komunitas yang bergerak membantu pengawalan laju ambulans baik dari Puskesmas ke RSUD atau dari RSUD ke rumah warga. "Komunitas kami juga membantu Damkar kadang rescue tapi tugas utamanya mengawal laju ambulans," ujar Apit, Jumat (28/2/2020).

Ia menyebutkan komunitas ini murni bergerak secara sukarelawan. Terutama yang berhubungan dengan ambulans yang mengantar pasien. Tujuannya agar bisa memperlancar dan mempercepat lalu lintas ambulans. Sehingga pasien bisa ditangani secepat mungkin oleh pihak rumah sakit. "Kami dalam melakukan pengawalan menggunakan kendaraan roda dua layaknya Patwal," katanya.

Sejak 2018 kata Apit, IEA Sumedang sudah beberapa kali berkiprah seperti membantu pemadam kebakaran di beberapa tampat. IEA Sumedang hingga saat ini memiliki anggota 25 orang, dan memiliki sekretariat di Perum Griya Permata Sumedang. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)