Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Ribuan pencari kerja dari berbagai wilayah di Kabupaten Sumedang Rabu (21/6/2023) menyerbu pusat pemerintahan Sumedang (PPS) dimana disana digelar kegiatan bursa kerja (job fair) teparnya di halaman belakang PPS.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang Bubun Aliminsyah mengatakan data terakhir yang mendaftar secara online hingga Selasa (20/6/2023) atau sehari sebelum pelaksanaan job fair ada 3000 lebih pendaftar. "Kalau sampai hari ini hingga besok mungkin jumlah pendaftarnya lebih dari 3000 pendaftar," jelas Bubun.

Dikatakan Bubun, ada 28 perusahaan yang terlibat dalam kegiatan job fair ini dengan menyediakan 61 jabatan dan sekitar 6.277 lowongan kerja. Bubunpun bersyukur kegiatan job fair ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya oleh pencari kerja di Sumedang hal ini terlihat dari membludaknya pencaker yang datang. 

Salah seorang pekerja Sri Wahyuni mengaku memanfaatkan kegiatan job fair ini untuk mencari lowongan pekerjaan. "Tadi saya coba masukan lamaran di PT Pharos untuk bagian logistik, mudah mudahan saja diterima," terang warga Jatihurip Sumedang Utara ini.

Pencaker lainnya Reva asal Padasuka Sumedang Utara ini mengaku memasukan lamaran di PT Leetek yang bergerak dibidang garnent. "Saya melamar di PT Leetek karena menerima lowongan untuk 1000 pekerja, jadi peluang untuk diterimanya cukup terbuka," jelas dia.

Revapun bersyukur ada kegiatan job fair di Sumedang sehingga ia bisa tahu informasi terkait lowongan kerja dan cocok dengan spesifikasi pendidikannya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)