SUMEDANGKAB.GO.ID, GEDUNG NEGARA - Rumah Creatif Indonesia (RCI) melakukan audiensi, beberapa hari lalu, bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, di Gedung Negara. RCI membahas pengembangan ekonomi kreatif pada pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Sumedang. Rumah Creatif Indonesia (RCI) adalah wadahi kreatifitas muda dari beragam profesi seperti mahasiswa, pengusaha, orang kreatif, relawan dan profesional bersama-sama untuk menciptakan roda ekonomi kreatif dan meningkatkan kapasitas UMKM.
Dr. Harnandito Yudhitia selaku ketua RCI menyampaikan rumah kreatif akan membantu pemerintah dalam pelatihan UMKM Sumedang agar lebih meningkatkan pemasarannya. 
"RCI selalu berkolaborasi untuk meningkatkan SDM dilingkungan sekitar, RCI Sumedang akan berkolaborasi dengan Pemerintah Sumedang salah satunya dengan Disperindag yaitu membangun ekosistem UMKM yang lebih baik," kata Harnandito. 
Gerai UMKM yang ada di setiap Kecamatan di Sumedang akan diberikan pelatihan pemanfaatan digital sebagai tempat pemasarannya dengan didukung narasi, kemasan, digital potret yang akan dibimbing oleh RCI, seperti yang disampaikan Dito. 
Senada dengan hal tersebut, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyambut baik program RCI dalam meningkatkan kemajuan UMKM Sumedang dan berharap program tersebut berkelanjutan. 
"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada RCI yang turut andil dalam kemajuan UMKM Sumedang, namun pelatihan yang dilakukan sebelumnya harus ada pemetaan yang jelas yang dilakukan disperindag bersama RCI agar setiap UMKM di Sumedang jelas klasifikasi sesuai kemampuan dan kekurangannya sehingga bentuk pelatihan yang diberikan sesuai," ujarnya.***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)