PENDOPO - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, menginstruksikan setiap desa harus menyediakan tempat isolasi mandiri untuk warganya yang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab test. Tempat isolasi di tiap desa khusus bagi pasien yang terpapar virus korona namun tidak bergejala.

Dony mengatakan, Ia juga sudah menginstruksikan agar gugus tugas desa Siaga Corona harus diaktifkan lagi, termasuk meningkatkan patroli kewilayahan. "Itu semua harus diaktifkan kembali, bagaimana di desa itu ada tempat isolasi mandiri satu desa satu tempat," katanya di Kawasan Pusat Pemerintahan (KPP) Kabupaten Sumedang.

Untuk itu, lanjut Dony, pihaknya juga saat ini sedang menyiapkan panduan terkait penanganan warga positif Covid-19 di tempat isolasi mandiri yang ada di setiap desa tersebut. Selain itu, Dony juga meminta agar gugus tugas desa siaga Corona itu mencatat semua warga yang keluar masuk wilayah desa, sehingga setiap tamu yang datang dari daerah lain harus wajib lapor. "Harus tercatat orang yang keluar masuk di desa itu. Jadi, tamu dalam 1 × 24 jam wajib lapor, terutama tamu yang datang dari zona merah tapi datang ke Sumedang," katanya.

Pihaknya berharap, dengan adanya upaya seperti itu, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang bisa semakin berkurang. "Tapi, perlu kami sampaikan, jumlah tambahan kasus ini satu sisi memang nambah, tetapi disisi lain ini adalah keberhasilan kami dalam memperbanyak jumlah testing swab test. Sehingga jumlah kasusnya juga bertambah," ujar Dony. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)