Sampah Diolah Jadi Energi


Baca juga : Kelurahan Talun Semangat Kelola Sampah
Warga Sukajaya Rereongan Bangun Rumah Korban Kebakaran
Desa Sukajaya Dapat Bantuan Rumah Kompos
Sampah Diolah Jadi Energi


GEDUNG NEGARA - Peringatan hari peduli sampah nasional 2021, Sumedang menerima bantuan fasilitas pengelolaan sampah dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penyerahan bantuan dilakukan secara virtual melalui zoom meeting di Gedung Negara, Senin 22 Februari 2021.

Bantuan pengelolaan sampah ini untuk penyelamatan dan pemulihan lingkungan hidup, meningkatnya kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan di  Sumedang. Pengelolaan sampah melalui pembangunan biodigester dengan kapasitas 1 ton/hari. Bantuan berupa mesin pecacah, timbangan, genset dan pompa air.

Pengelolaan sampah organik melalui biodigister ini akan menghasilkan biogas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga sampah bisa menghasilkan energi.  Fasilitas pengelolaan sampah ini juga bisa mengurangi dan mengelola sampah yang berada aliran sungai.  "Pengelolaan sampah yang baik bisa menghasilkan manfaat yang baik untuk kita semua. Setop membuang sampah ke sungai. Sayangi lingkungan dan setop membuang sampah sembarangan," kata Bupati Dony Ahmad Munir. [drs]


Sampah, Sukajaya, Bantuan. DLHK, Biodigester

Berita Terkait