SUMEDANGKAB.GO.ID, TANJUNGKERTA - Untuk memeriahkan peringatan tahun baru Islam 1442 hijriyah, santri di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang Jawa Barat mengisinya dengan pertandingan sepak bola api di Lapangan Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Jumat malam (21/8/2020).

Pertandingan bola api ini sudah menjadi agenda tahunan di Pesantren Al-Hikamussalafiyyah

Lurah santri, Abdul Majid Hayyudin menyebutkan, setiap tahun sepak bola api, biasanya dilaksanakan pada masa orientasi santri baru.

"Berhubung pada awal masuk santri kemarin ada larangan berkerumun untuk pencegahan penyebaran Covid-19, jadi pertandingan bola api baru bisa dilaksanakan sekarang berbarengan dengan menyambut tahun baru Islam," tuturnya.

Majid menjelaskan bahwa bola dalam permainan bola api ini terbuat dari kelapa tua yang kulit kelapanya sudah dikupas dulu dan tinggal sabutnya saja. Bongkahan sabut kelapa yang berbentuk bundar tersebut kemudian direndam beberapa hari dalam minyak tanah dan solar. Hal ini dilakukan supaya minyak tanah dan solar tersebut bisa menyerap ke dalam serat sabut kelapa. ***(nsa)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)