DISDIK - Salah seorang guru SMPN 7 Sumedang terpilih menjadi duta sains tingkat Nasional bidang studi IPA. Hal ini membuat bangga jajaran SMPN 7. Kepala SMPN 7 Sumedang Dedi Junaedi menyebutkan guru SMPN 7 Sumedang yang terpilih menjadi duta sains bidang Study IPA tersebut atasnama Santy Nurmalasari. "Alhamdulilah kami merasa bersyukur salah seorang guru di SMPN 7 Sumedang bisa meraih prestaai terbaik hingga mengharumkan nama sekolah dan daerah," jelas Dedi, Minggu (15/11/2020).

Dijelaskan, Dedi prestadi yang diraih Santy Nurmalasari ini diharapkan dapat menjadi motivasi guru lainnya untuk meraih prestasi. 

Ditemui terpisah Santy Nurmalasari mengaku sangat bersyukur bisa menjadi duta sains bidang study IPA tingkat nasional. "Saya terpilihnya sebagai duta sains berawal dari aktifitasnnya di Lembaga Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK)," katanya.

Ditambahkan Santy proses seleksi dimulai dari tahun 2018, dan pada Maret 2019 terpilih bersama 39 peserta lainnya se Indonesia untuk selanjutnya mengikuti pembelajaran di Australia kurang lebih selama 3 minggu. "Ya waktu itu ada 40 duta sains yang terpilih se Indonesia dan dari Jabar sendiri ada 4 orang termasuk satu diantaranya saya dari Sumedang," jelas Santy.

Lebih lanjut dikatakan Santy untuk duta sains ini tidak ada masa berlaku artinya duta sains terus diperlukan dalam upaya menularkan dan menyebarkan ilmu yang telah didapat kepada guru guru lainnya. "Sebagai duta sains tentunya ini menjadi tantangan tersendiri, karena saya dituntut untuk bisa menguasai ilmu dan di tularkan pada orang lain," jelas Santy. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)