SUMEDANGKAB.GO.ID, BUAHDUA - Di bawah rintik hujan, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir bersama Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meresmikan Jembatan Gantung Siliwangi di Desa Karangbungur Kecamatan Buahdua, Sabtu (30/1/2021). Jembatan Gantung Siliwangi I ini berdiri di atas aliran Sungai Cibodas dan Cikandung, dan menghubungkan Dusun Pasirwareng Desa Ranggasari Kecamatan Surian dengan Dusun Pasiripis Desa Karangbungur.
"Dengan adanya jembatan ini diharapkan bisa menunjang mobilitas masyarakat, sehingga perekonomian warga sekitar meningkat," kata bupati.
Jembatan Siliwangi I dibuat oleh sekitar 100 orang, terdiri dari Anggota Kodim 0610/Sumedang, bekerja sama dengan Vertical Rescue Indonesia, dan unsur masyarakat. Jembatan ini termasuk program Ekspedisi 1000 Jembatan Gantung Untuk Indonesia. Pembuatan jembatan selama 17 hari, mulai tanggal 12 hingga 29 Januari 2021. Jembatan memiliki panjang 130 meter, dengan lebar 1,5 meter, dan menghabiskan anggaran Rp 100 juta.
"Dengan adanya jembatan ini diharapkan bisa membantu mobilitas warga, terutama dua desa," kata Pangdam.
Warga Dusun Pasiripis, Eem Suhama (65) mengaku senang dengan adanya Jembatan Siliwangi I ini. Sebab, menurutnya warga dua desa sangat membutuhkan akses tersebut. Eem sendiri mengaku sering menyebrangi sungai untuk keperluan keluarganya di Desa Ranggasari.
"Sudah dua tahun tidak ada jembatan, sekarang sangat senang sudah ada jembatan lagi, jadi tidak usah turun ke sungai lagi," ujar Eem, saat menyaksikan peresmian jembatan. ***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)