SUMEDANGKAB.GO.ID, CIBUGEL- Tempat wisata baru dengan konsep alam terus bermunculan di Kabupaten Sumedang. Kini satu lagi muncul dengan konsep alam pegunungan yaitu di wilayah Cibugel tepatnya di Desa Jayamandiri. Warga Jayamandiri menyebutnya dengan nama Dunia Pangangonan (Dupang).

Kawasannya Dupang ditata pertama kali sekitar Juni 2020 oleh Karang Taruna setempat dengan luas area sekitar satu hektar. Kawasan Dupang merupakan perbukitan yang indah yang berada di perbatasan Cibugel dengan wilayah Garut.

Keunggulan dari kawasan ini  menawarkan spot foto dan view alam yang sangat sejuk untuk menikmati senja.  Dari kawasan Dupang ini pengunjung bisa menikmati indahnya Gunung Ceremai, Gunung, Gunung Cakrabuana dan kawasan wilayah Garut

"Saat ini kami baru sebatas melakukan penataan agar pengunjung bisa datang dan bisa menikmati kawasan dupang ini untuk berwisata," ujar Dede Karsa salah satu pengelola kawasan Dupang.

Ia menyebutkan, untuk pengelolaan kawasan Dupang selanjutnya akan dikelola pihak desa. Hingga kini para sukarelawan terus menata dengan membangun sejumlah fasilitas seperti gazebo, lapak zona pandang dan fasilitas umum lainnya.

"Untuk rencana  pengelola dan pihak desa akan  melalukan pengembangan. Mungkin Dupang akan lebih diperluas dan di tambah fasilitas. Seperti flyfox, camping ground, taman tani dan buah. Bahkan ada rencana membangun kolam renang," tuturnya.

Dede menambahkan, salah satu kendala yang masih harus dihadapi adalah akses jalan yang masih belum memadai menuju lokasi serta ketersedian tenaga listrik.

"Hingga kini pengunjung sudah mulai banyak terutama kalau hari libur. Dupang bisa jadi Maribaya nya Sumedang," katanya.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)