JATIGEDE - Sekitar 215 hektare lahan sawah di Desa Karedok, Kecamatan Jatigede siap ditanami padi pada musim ini.  Tak hanya di Karedok, petani di wilayah desa lainnya di Jatigede juga mulai menyiapkan untuk tanam padi.

Kepala UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Jatigede, Cahyadi menyebutkan, saat ini petani di wilayah Jatigede sedang melaksanakan gerakan pengolahan tanah lahan sawah. Gerakan ini dilakukan sebelum tanam padi agar kondisi tanah siap jadi media tanam yang baik. Proses pengolahan tanah, kata dia, antara lain, mencangkul lahan, penggemburan, penyiangan hingga proses perataan tanah sawah dengan menggunakan traktor. "Biasanya saat pengolahan lahan petani juga menyiapkan persemaian benih. Jadi saat nunggu persemaian benih petani harus menyiapkan media tanam," kata Cahyadi, Minggu (1/11/2020).

Selain menanam padi di lahan sawah, sambung Cahyadi,pada musim hujan ini, ada juga petani yang melakukan gerakan tanam di lahan darat dengan komoditas palawija dan padi yang cocok dengan media lahan kering. Ia menyebutkan wilayah yang paling baik untuk tanam padi berada di wilayah pesawahan Desa Karedok. Sekitar 215 hektar di Karedok masih terbilang produktif.  "Untuk wilayah desa lainnya memang tidak seluas di Karedok," katanya.

Ia menyebutkan, pada awal musim tanam biasanya petani juga terhambat beberapa kendala. Antara lain permodalan, suplai air, penyediaan pupuk dan ketersedian traktor.
"Kami upayakan kendala-kendala bisa ditangani dengan kerjasama antara petani dan pihak UPTD," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)